metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman

Pada zaman sekarang, bukanlah hal aneh jika para guru dan para siswa mengalamii zaman yang berbeda, seperti halnya yang terdapat pada sebuah hadits, yang berisi "Didiklah anak-anakmu karena mereka diciptakan untuk menghadapi zaman yang berbeda dengan zamanmu".


Untuk mengikuti perbedaan zaman ini, Sudah sepatutnya untuk setiap guru mampu mengikuti perkembangan pada teknologi yang terus berkembang pesat setiap harinya. Dengan Perbedaan zaman inilah menciptakan tantangan untuk para guru di era digital ini.

METODE

Dengan menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan zaman ini, tidak hanya perkembangan anak dan materi pelajaran saja akan tetapi pola berfikir dan sikap siswa pun akan berubah ubah sesuai dengan perkembangan zaman.

Pada zaman ini, siswa siswa tak terlepas dari perangkat dan kemajuan teknologi yang berkembang. Maka dari itu, para guru harus melakukan Penyesuaian yang penting agar para guru bisa mengikuti pola pikir pada para siswa - siswanya.

Penyesuaian tersebut bisa berupa :
- Ketika mengajar para siswa, para guru menambahkan metode viewing and representing maksudnya para guru menjelaskan materi tidak hanya dengan membaca saja akan tetapi dengan menggunakan gambaran nyatanya juga.

- Para guru juga harus mengerti akan bahasa bahasa anak zaman sekarang, seperti SMS (Short Message Service), blogging, e-mail, dll. Dengan mempelajari bahasa bahasa tersebut, para guru tidak ketinggalan dan dibodohi oleh para murid - muridnya sendiri.

- Para guru harus melakukan metode inter-disciplinary approach (pendekatan lintas bidang), mengapa? karena pada zaman sekarang para siswa lebih kritis pola pemikirannya, dengan pemikirannya tersebut para siswa akan bertanya lebih dalam jika para guru tidak menjelaskan dengan secara detail.

- Para guru harus bisa menemukan arti dan maksud yang mendalam dari mata pelajaran yang diajarkan tersebut, karena dengan melakukan pendalaman tersebut para guru harus bisa melakukan hal - hal yang menyenangkan, agar para siswa tidak menjadi bosan dengan mata pelajaran yang diajarkan.

- Para guru juga perlu diingatkan untuk melakukan refleksi pada pola pengajaran yg telah diterapkan tersebut, melakukan refleksi dengan menggali apa yang seharusnya dilakukan untuk proses pengajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

- para guru juga harus mampu menciptakan sebuah suasana kegembiraan pada suatu kelas ataupun sekolah. karena, dengan melakukan hal tersebut para siswa akan menjadi semangat dan senang dalam pergi ke sekolah.


Demikianlah Menerapkan Metode Pembelajaran Sesuai dengan Perkembangan Zaman yang bersumber dari http://www.sekolahdasar.net/ Semoga dari Artikel Pada Blog Silabus Guru dapat membantu anda sekalian, Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog ini dan Semoga Bermanfaat. :)
metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

No comments: