Hal yang harus dipersiapkan sebelum merubah jar menjadi exe

Setelah kita selesai membuat sebuah project aplikasi , maka langkah selanjutnya pasti anda ingin membuat project aplikasi tersebut menjadi sebuah setup installer ( seperti software lainnya saat ingin meng-install sebuah software, sebelumnya pasti diperintahkan untuk klik next, next dan trakhirnya finish ). Tapi untuk membuat sebuah project aplikasi menjadi sebuah software berupa setup installer, harus ada hal – hal yang harus dipersiapkan atau dipastikan terlebih dahulu sebelum merubahnya menjadi sebuah setup installer, ada beberapa hal – hal yang perlu dipersiapkan pada project aplikasi yang telah dibuat karena jika sudah selesai membuat sebuah project aplikasi akan tetapi belum mempersiapkan hal – hal seperti dibawah ini percuma saja.

Pada Kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan apa saja sih yang harus dipersiapkan jika kita ingin membuat project aplikasi kita menjadi sebuah setup installer atau bisa dibilang apa saja sih yang harus dipersiapkan jika kita ingin membuat project aplikasi kita menjadi sebuah exe atau lebih tepatnya berubah menjadi ber-Ekstensi exe nantinya. Maka dari pertanyaan pertanyaan tadi, kita bisa menyimpulkan hal – hal yang harus dipersiapkan sebelum merubah project aplikasi menjadi exe atau setup installer tersebut adalah yang paling penting itu pertama merubah menjadi jar, lalu memindahkan folder src ke dist dan trakhir merubah link dari statis ke dinamis.

Membuat Project Aplikasi Menjadi Jar

Jadi, Hal pertama atau hal yang paling penting untuk merubah project aplikasi menjadi sebuah program berExstensi exe , maka harus dibuat dulu menjadi sebuah jar. Cara untuk merubah menjadi sebuah jar pun beraneka macam bisa dengan 2 cara :

Cara 1 : pada project aplikasi yaitu terletak pada menu project , project tersebut klik kanan lalu klik atau pilih ‘Clean and Build’ [LIHAT GAMBAR]

Cara 2 : Pada saat melakukan pengetikan kode script atau setelah selesai membuat sebuah proses pengetikan script untuk bisa merubah menjadi sebuah jar, klik saja paku dan sapu pada menu bar. [LIHAT GAMBAR]

CnB

Setelah mengklik tombol atau melakukan perintah clean and build, nantinya akan terdapat sebuah folder baru dengan sendirinya pada folder project aplikasi, folder tersebut bernama folder ‘dist’ yang didalamya terdapat folder ‘lib’, folder ‘src’, [ProjectAplikasi].jar dan Text Notepad ‘READMe’.

Memindahkan folder SRC ke folder DIST

Jika pada project aplikasi anda terdapat sebuah laporan, apabila dijalankan pada sebuah platform pemrograman Netbeans, Laporan tersebut masih bisa Tampil akan tetapi jika dijalankan dari file jar, Hasil yang telah kita lakukan pada proses Clean and Build tadi, Laporan tidak akan bisa Tampil di layar. Kenapa? Karena pada folder jar tidak terdapat folder SRC yang dimana link untuk mengubungkan Jframe Form pada Laporan di Ireport tersebut berada pada folder SRC. Link untuk membuka Laporan tersebut adalah “src/laporan/tot_trans.jrxml”.

BACA JUGA : Cara mengubungkan Jframe Form pada Laporan di Ireport

Proses pemindahan folder ini, sangat penting untuk dilakukan apabila pada project aplikasi menggunakan sebuah Laporan dari iReport. Apabila project aplikasi tidak terdapat sebuah Laporan, maka proses ‘Clean and Build’ saja sudah cukup untuk membuat sebuah project aplikasi dari jar menjadi exe. Tapi terserah anda apabila sudah mengetahui cara untuk memindahkan folder SCR ke folder dist tadi.

Merubah Link dari Statis menjadi Dinamis

Penggunaan link dinamis ini bisa dilihat juga pada artikel sebelumnya yaitu cara mengubungkan Jframe Form pada Laporan di Ireport, disitu terdapat link untuk membuka sebuah Laporan pada iReport dan link tersebut menggunakan link jenis dinamis, jadi saat kita memindahkan folder SRC ke folder DIST, laporan tadi akan terbaca dari folder SRC yang telah kita pindahkan tadi.

Proses perubahan link dari statis menjadi dinamis ini dilakukan pada saat kita akan membuat laporan dengan menggunakan gambar di dalamnya. Jadi saat menambahkan gambar pada sebuah laporan, link gambar tadi masih berupa link statis. Jika kita melakukan sebuah Clean and Build lalu memindahkan folder SRC ke DIST lalu menjalankan laporan tadi, pada laptop kita ( Laptop saat pembuatan project aplikasi ), laporan masih bisa Tampil. Tapi, jika kita memindahkan folder DIST tadi ke Laptop teman atau Laptop Lainnya, Laporan yang terdapat gambar didalamnya tidak bisa Tampil karena link yang digunakan pada gambar masih berupa Link Statis. Untuk mengatasi LINK STATIS tersebut rubah menjadi LINK DINAMIS. Caranya ( gambar sudah di tambahkan ) :

Klik gambar, lalu Klik Properties, lalu pada Image Expression terdapat sebuah LINK, rubah link tersebut :
LINK STATIS : "C:\\Users\\H\\Documents\\NetBeansProjects\\surat\\src\\laporan\\z_logoJPG.jpg"
Rubah menjadi Link dinamis, caranya :
LINK DINAMIS : "src/laporan/z_logoJPG.jpg"

LINK


Maka Selesailah hal - hal yang harus dipersiapkan sebelum merubah project aplikasi menjadi sebuah exe setup installer. Mohon Maaf apabila ada Salah Penulisan Kata/Kalimat. Semoga dengan artikel ini, dapat membantu Kalian dalam membuat Project Java Appication, Terima Kasih sudah mengunjungi. Jangan Lupa untuk Like dan Share artikel ini, Semoga Bermanfaat.
Hal yang harus dipersiapkan sebelum merubah jar menjadi exe Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ghilman Hasbi Basith

No comments: